Sharing Session “Project and Financial Management of A Research Center”

Pada hari Sabtu, 6 Februari 2021 Research Group Disease Control bekerja sama dengan Koordinator Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Fakultas (KPPMF) Kedokteran Universitas Sebelas Maret mengadakan Sharing session dengan Topik “Project and Financial Management of A Research Center” secara daring melalui platform aplikasi ZoomMeeting pada pukul 09.00 – 11.30. Kegiatan ini dihadiri oleh 52 orang partisipan yang terdiri dari panitia, research assistant dari Research Group Disease Control, para dosen pengelola research group yang ada di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, dan beberapa kolega dari pembicara. Sharing session ini dibuka dengan sambutan dari Ketua KPPMF Kedokteran Universitas Sebelas Maret, dr. Dono Indarto, M.Biotech.St., Ph.D., AIFM. dan Ketua Research Group Disease Control, Prof. dr. Ari Natalia Probandari, MPH., Ph.D.

Kegiatan yang dimoderatori oleh Dr. Sumardiyono, SKM., M.Kes. selaku Kepala Bagian Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Kedokteran Pencegahan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret ini mengundang dua orang narasumber dari Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (PKT FKKMK UGM). Selama 24 tahun berdiri, PKT FKKMK UGM telah berkembang menjadi sebuah research center dengan manajemen yang sangat baik, sehingga melalui kegiatan ini diharapkan manajemen seluruh research group yang ada di lingkungan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret dapat terpacu untuk meningkat pesat dan semakin produktif untuk mencapai berbagai Indikator Kinerja Utama Universitas dalam beberapa tahun ke depan.

Narasumber pertama, Siska Amalia, S.Farm.Apt., MBA. selaku manager operasional PKT FKKMK UGM membagikan berbagai hal terkait finansial dan pengelolaan kegiatan penelitian yang telah dilakukan selama ini. Sementara itu, narasumber kedua, Christa Dewi, SKM., M.Nurs., Ph.D. selaku sekretaris PKT FKKMK UGM membagikan berbagai hal terkait proses rekruitmen tenaga penelitian dan proses administrasi yang telah dilakukan selama ini. Dalam suatu perencanaan proyek penelitian, seluruh peneliti yang terlibat perlu sekali fokus pada pencapaian dan tujuannya, sehingga perencanaan, anggaran, pelaporan, dan pelaksaaan proyek penelitian tersebut akan berjalan tepat sasaran, tepat guna, dan tepat waktu.

Setelah paparan dari kedua narasumber, kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab yang berlangsung sekitar 45 menit dengan antusiasme tinggi dari seluruh partisipan yang terlihat dari banyaknya pertanyaan kepada kedua narasumber, sehingga tidak semua pertanyaan dapat terjawab karena keterbatasan waktu yang ada. Sebelum kegiatan ini ditutup, diadakan sebuah kuis interaktif yang berhadiah 5 buah buku Metodologi Penelitian Kuantitatif yang diberikan kepada para peserta dengan skor tertinggi dalam kuis. Kegiatan ini ditutup dengan sesi foto bersama dan simpulan yang disampaikan oleh Prof. dr. Ari Natalia Probandari, MPH., Ph.D. selaku Ketua Research Group Disease Control.

Leave a Reply

Your email address will not be published.