Workshop Daring “How to Prepare an Online Learning”

Pada hari Rabu, 10 Februari 2021 Tim HITIHE (Health Information and Technology for Improved Health Education in South-East Asia) Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret yang terdiri dari Prof. dr. Ari Natalia Probandari, MPH., Ph.D.; dr. Vitri Widyaningsih, MS., Ph.D.; Dr. dr. Eti Poncorini Pamungkasari, M.Pd.; dr. Bulan Kakanita Hermasari, M.Med.Ed.; dr. Yusuf Ari Mashuri, M.Sc.; dr. Stefanus Erdana Putra; dan dr. Muhammad Hafizhan mengikuti Online Training Lecture yang diadakan sebagai wujud kerja sama antara Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, Universitas Sebelas Maret, dan Institute of Tropical Medicine Antwerp, Belgia. Dalam kesempatan ini hadir pula Ketua Unit Pendidikan Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Dr. dr. Veronika Ika Budiastuti, M.Pd. dan Tim Modul Anthrax HITIHE FK UNS, dr. Husnia Auliyatul Umma, Sp.A., M.Kes.

Acara yang berlangsung dari pukul 14.00-15.30 secara daring melalui platform ZoomMeeting ini mengambil tema “How to Prepare an Online Learning”. Acara ini mengundang Carlos Kiyan, MD. yang merupakan E-learning Coordinator di Clinical Science Department (CSD) Institute of Tropical Medicine, Antwerp (ITM) sebagai narasumber. Acara diawali dengan pengantar yang disampaikan oleh Maria Zolfo, MD., Ph.D. yang merupakan Education Coordinator di Clinical Science Department (CSD) Institute of Tropical Medicine (ITM) Antwerp, Belgia.

Dalam kesempatan ini Carlos Kiyan menjelaskan secara detail langkah-langkah yang diperlukan dalam menyiapkan kelas pembelajaran daring. Penjelasan dimulai dari mempersiapkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, mempersiapkan materi, dan menyusun bentuk soal pilihan ganda maupun isian yang tepat untuk mengevaluasi kemampuan para mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran. Dalam kesempatan ini dilakukan juga simulasi penggunaan aplikasi iSpring dan Articulate dalam platform Moodle yang cukup menarik bila diterapkan dalam proses pembelajaran. Aplikasi ini rencananya akan digunakan dalam penyusunan modul Anthrax dan Dengue yang akan dilakukan oleh Tim HITIHE FK UNS dan Tim HITIHE FKKMK UGM.

Leave a Reply

Your email address will not be published.