Kick-off Meeting Proyek Mahasiswa Inbound UMCG ke Universitas Sebelas Maret

Pada hari Jumat, 2 April 2021 telah dilaksanakan Kick-off Meeting Proyek Mahasiswa Magang UMCG di Universitas Sebelas Maret. Hadir dalam pertemuan tersebut yakni Prof. Ari Natalia Probandari, dr., MPH., Ph.D.; Vitri Widyaningsih, dr., MS., Ph.D.; Yusuf Ari Mashuri, dr., M.Sc.; Dr. Ratih Puspita Febrinasari, dr., MSc; Pamogsa Ratri A.D, S. Tr., Keb.; dan Dilma’aarij Riski Agustia, S. Tr., Keb. selaku perwakilan dari Universitas Sebelas Maret (UNS). Pertemuan tersebut juga dihadiri oleh dosen The University Medical Center Groningen (UMCG) yaitu Jaap Koot, Zinzi Pardoel, dan 5 mahasiswa magang dari UMCG.

Kolaborasi antara UNS dan UMCG telah terjalin dengan proyek penelitian bersama, SUNI-SEA (Scaling-up NCD Interventions in South East Asia), dengan Non-Communicable Diseases (NCD) khususnya diabetes mellitus dan hipertensi sebagai tema proyek ini. Kick-off Meeting Inbound UMCG Student Project ke Universitas Sebelas Maret diawali dengan perkenalan dari kedua universitas, kemudian dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi tentang data dari Indonesia terutama Knowledge, Attitude, and Practice (KAP) tentang diabetes dan hipertensi, dan diakhiri dengan kesimpulan untuk rencana selanjutnya.

Kegiatan magang mahasiswa ini akan berlangsung selama 8 minggu dan dibagi menjadi 4 kegiatan utama berikut: menentukan topik dan cara cleaning data; analisis deskriptif; analisis inferensial; penulisan laporan dan presentasi. Setiap kegiatan dilakukan dalam waktu dua minggu dan rapat laporan progress akan diadakan setiap minggu. Mahasiswa akan menganalisis data Knowledge, Attitude, and Practice (KAP) tentang diabetes dan hipertensi yang telah dikumpulkan oleh tim SUNI-SEA Indonesia di tiga provinsi di Indonesia yaitu Sumatera Utara, Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Nantinya, temuan dari analisis data tersebut akan dibahas lebih lanjut oleh tim UMCG dan UNS.

Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kepada mahasiswa UMCG dalam proses analisis data yang belum pernah dilakukan oleh tim SUNI-SEA EU sebelumnya, mulai dari mempelajari literature review KAP mengenai diabetes dan hipertensi di Indonesia beserta program Posbindu, deskriptif analisis, penggunaan perangkat lunak analisis data seperti STATA dan SPSS, dan hubungan internasional yang baik terkait pertukaran pengetahuan, terutama dalam penelitian kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.