Workshop daring Online Learning e-Cases Scenario oleh HITIHE

Pada hari Senin sampai Jumat, 29 November – 3 Desember 2021 Tim HITIHE (Health Information and Technology for Improved Health Education in South-East Asia) Institute of Tropical Medicine Antwerp, Belgia mengadakan workshop daring seputar Online Learning e-Cases Scenario. Peserta workshop ini terdiri dari perwakilan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, serta National Institute of Public Health Kamboja dengan pembicara dari Institute of Tropical Medicine Antwerp Belgia. Perwakilan FK UNS terdiri dari tim HITIHE FK UNS (Prof. dr. Ari Natalia Probandari, MPH., Ph.D.; dr. Vitri Widyaningsih, MS., Ph.D.; Dr. dr. Eti Poncorini Pamungkasari, M.Pd.; dr. Bulan Kakanita Hermasari, M.Med.Ed.; dr. Yusuf Ari Mashuri, M.Sc.; dr. Muhammad Hafizhan; dr. Astrida Fesky; Suprapti, S.Pd) serta perwakilan klinisi modul Fever Based Disease (dr. Maryani Sp.MK., M. Si; dr. Dian Ariningrum, Sp.PK., M.Kes; dr. Evi Nurhayatun, SpPD, MKes, FINASIM; dr. Husnia Auliyatul Umma, SpA, MKes; dr. Fadhilah Tia Nur, Sp.A(K), M.Kes; Dr. Ratih Puspita Febrinasari, dr., M.Sc) dan perwakilan klinisi modul Lung Mycosis (Prof. Prof .Dr. dr. Reviono, Sp.P(K); Dr.dr.Harsini, Sp P(K); dr. A. Farih Raharjo, Sp.P, M.Kes; dr. Paramasari Dirgahayu, Ph.D.).

Kegiatan ini diadakan sebagai wujud kerja sama antara Pusat Kedokteran Tropis Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret, dan Institute of Tropical Medicine Antwerp, Belgia.

Kegiatan berlangsung selama 5 hari dimulai pukul 14.30-18.30 WIB secara daring melalui platform ZoomMeeting dengan mengundang Carlos Kiyan, MD. Lai Jiang MD, Maria Zolfo, MD., Ph.D., Steven Van Den Broucke MD, dan Stefaan Vande Walle yang merupakan perwakilan dari Clinical Science Department (CSD) Institute of Tropical Medicine (ITM) Antwerp, Belgia.

Dalam kesempatan ini tim ITM, Belgia menjelaskan secara detail langkah-langkah yang diperlukan dalam menyiapkan skenario kasus klinis secara elektronik sebagai salah satu metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran daring. Workshop dimulai dengan mempersiapkan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai, mempersiapkan materi, dan menyusun bentuk soal pilihan ganda maupun isian yang tepat untuk mengevaluasi kemampuan para mahasiswa setelah mengikuti proses pembelajaran serta simulasi secara langsung aplikasi Xmind untuk membuat mindmap serta aplikasi Articulate 360 yang selanjutnya dapat diterapkan dalam platform Moodle yang cukup menarik bila diterapkan dalam proses pembelajaran. Diadakan juga sesi breakout room masing-masing tim Universitas untuk mendapat masukan dan arahan secara detail seputar metode eCases scenario berdasarkan materi yang sudah disiapkan oleh masing-masing Universitas. Fakultas Kedokteran UNS sendiri menyiapkan 3 kasus yang dibuat dalam bentuk articulate dan di presentasikan dalam kegiatan workshop tersebut untuk mendapatkan arahan dan masukan dari narasumber serta peserta workshop. Aplikasi articulate ini rencananya akan digunakan dalam penyusunan modul Fever Based Disease, Lung Mycosis serta Outbreak Investigation yang akan dilakukan oleh Tim HITIHE FK UNS.

Leave a Reply

Your email address will not be published.