SUNISEA : Progress Meeting WP3

Pada 13 Januari 2021 pukul 14.00 – 14.35 WIB dilaksanakan rapat work package 3 yang membahas mengenai beberapa topik, seperti detail pelaksaan intervensi yang dilakukan di Indonesia, kendala algoritma dan penggunaan aplikasi, pengambilan data cost survey, dan progress penyusunan paper. Rapat diikuti oleh berbagai perwakilan dari Eropa, Vietnam, Myanmar dan Indonesia. Indonesia sendiri dihadiri oleh 10 anggota peneliti.

Pada pelaksanaan tahap intervensi, pelatihan kader telah dilaksanakan pada bulan Desember 2021 secara hybrid dengan materi disampaikan secara online 2 hari sebelum traning luring dilaksanakan. Pelatihan lebih ditekankan untuk melakukan diskusi dengan kader posbindu dan PJ PTM Puskesmas. Kemudian, dua kader yang ikut serta dalam pelatihan akan menyampaikan ilmu yang diperoleh kepada kader lain. Penilaian keberhasilan training akan terus dilaksanakan, menyesuaikan kembali dengan jadwal pelaksanaan posbindu dan kebijakan pemerintah terkait pandemi.

Kendala yang terjadi pada kelompok intervensi diselesaikan dengan memberikan form isian manual pada kertas yang kemudian di input ke dalam excel sebagai pengganti pemakaian aplikasi di lapangan, karena aplikasi kurang kompatibel dengan perangkat kader dan adanya gangguan sinyal. Saat ini, paper-based algorithm sedang disiapkan bersama dengan field coordinator untuk menangani hal tersebut, mengingat situasi pandemi dan keterbatasan kader juga menjadi salah satu alasan perubahan alur meja posbindu di lapangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.