Sunisea-Meeting Koordinasi Baseline, Data Cost dan Data Sekunder Dinkes Jember

Dilaksanakan rapat koodinasi dengan Dinkes Kab Jember dalam membahas beberapa topik diantaranya laporan data baseline, pengambilan data cost dan data sekunder (14/01/2021). Rapat berlangsung pada pukul 09.00 WIB diikuti oleh beberapa perwakilan dari Dinas Kesehatan, Pemegang Program Puskesmas, Field Coordinator, Tim Peneliti dan Asisten Peneliti yang dihadiri sekitar 15 orang.

Pada pembahasan tentang laporan pengambilan data baseline terdapat beberapa kesimpulan, seperti pada hasil pemeriksaan tekanan darah menunjukkan tekanan darah normal sedangkan untuk status gizi masih berada di kriteria obesitas, untuk pengetahuan tentang pencegahan dan pengendalian DM HT responden banyak menjawab penting. Langkah selajutnya setelah data baseline diperoleh akan dilakukan monitoring dan evaluasi di Puskesmas, Posbindu dan melakukan analisis efektivitas.

Pembahasan selanjutnya yaitu rencana pengambilan data cost dan data sekunder yang akan dilakukan oleh FC. Pengambilan data cost digunakan untuk mengetahui intervensi yang direncanakan oleh tim peneliti efektif dan efisien dalam segi keuangan. Data tersebut berasal dari Puskesmas tahun 2019-2022. Data sekunder digunakan untuk mengetahui efektivitas dan efisiensi intervensi yang direncanakan oleh tim peneliti secara keseluruhan. Sumber dari data sekunder berasal dari Pemegang Program Puskesmas dan Kader Posbindu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.