Project Screening and ModificAtion of Risk factors among Teachers: Pemberdayaan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Guru (SMART)

Project Screening and ModificAtion of Risk factors among Teachers: Pemberdayaan Pencegahan Penyakit Tidak Menular Guru (SMART) adalah salah satu gagasan dari Research Group Disease Control (RGDC) FK UNS yang berfokus pada bidang pencegahan dan pengelolaan Penyakit Tidak Menular (PTM) pada guru-guru di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Project ini bertujuan untuk mengidentifikasi berbagai faktor yang berhubungan dengan status kesehatan, gizi, dan produktivitas guru, mengembangkan model skrining dan intervensi, dan memformulasikan strategi inovasi berorientasi kebijakan untuk masalah kesehatan, status gizi, dan produktivitas guru sekolah di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta di Indonesia yaitu Screening and ModificAAtion of Risk Factors among Teacher (SMART).

Rangkaian kegiatan diawali dengan pengenalan project kepada guru-guru melalui grup Whatsapp, dilanjutkan dengan pertemuan pertama untuk mengetahui latar belakang situasi dan diskusi terkait pola hidup sehat dan pengetahuan terkait Penyakit Tidak Menular (PTM) yang dilaksanakan Senin, 4 Juli 2022 di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Acara dimulai pukul 8 pagi dengan agenda pemaparan dan sesi tanya jawab.

(Gambar 1. RGDC yang diwakili dr. Balgis dan dr. Widana menjelaskan teknis penelitian)

Kegiatan diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dengan guru-guru dan pemberitahuan mengenai pengambilan data melalui kuesioner terkait pengetahuan, sikap, dan perilaku hidup sehat terkait Penyakit Tidak Menular (PTM). Kuesioner dapat diakses melalui google form dan akan dilanjutkan dengan analisis situasi. Output dari analisis situasi berupa data baseline yang akan dibandingkan dengan data pengukuran skrining PTM dan data post intervensi. Intervensi yang akan dilakukan berupa pelatihan skrining PTM mandiri oleh kader guru dan edukasi pencegahan dan pengelolaan PTM.

(Gambar 2. Sesi tanya jawab dengan guru-guru SMP Muhammadiyah 5 Surakarta)

Leave a Reply

Your email address will not be published.