Training Enumerator SUNI-SEA Project Indonesia untuk Kota Surakarta dan Kabupaten Batang

Indonesia merupakan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan strategi inovatif dalam usaha menekan epidemi penyakit tidak menular, terutama diabetes mellitus dan hipertensi, di dunia. Salah satu tahapan yang kami lakukan untuk mencapai tujuan tersebut adalah pengambilan data tentang pengetahuan dan status kesehatan masyarakat di Indonesia.

Pada hari Sabtu, 17 Juli 2021, SUNI-SEA Project Indonesia melakukan pelatihan kepada enumerator, yang terdiri dari field coordinator (FC) dan data collector (DC) di Kota Surakarta dan Kabupaten Batang. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada enumerator untuk melakukan pengambilan data menggunakan Aplikasi KOBO Collect. Aplikasi ini merupakan salah satu perangkat lunak yang dapat digunakan untuk melakukan pengambilan data secara luring.

Training dimulai pada pukul 07.30, diawali dengan pre-test, yang dilanjutkan dengan kegiatan pengenalan Aplikasi KOBO Collect dan simulasi pengisian form KOBO luring dan video secara bersama sama, berdasarkan skenario yang sudah disusun sebelumnya. Selanjutnya, training dilakukan secara interaktif. Kegiatan training sesi pertama ditutup dengan evaluasi peserta terhadap kegiatan simulasi pengambilan data.

Selanjutnya, kegiatan training dilanjutkan dengan pemaparan dan pengenalan SUNI-SEA Project Indonesia, dan perkenalan tim peneliti serta asisten penelitian. Kegiatan training diakhiri dengan Quizziz, post-test, serta sesi tanya jawab, dan ditutup pada pukul 15.00 WIB.

Leave a Reply

Your email address will not be published.